Rabu, 28 Mei 2014

Perjalanan food combiningku :)

Catatan penyemangat 2

hola hola lohaaaa.....balik lagi nih,ditemeni potongan buah sebagai sarapan,ini hari kedua aku menjalani food combining,kesan pertama tidak begitu buruk,tapi salah karena buah yang pertama dimakan adalah pisang,bari tau kalo itu salah sehabis baca2 ulang kalo ternyata mangga sama pisang tidak begitu baik dijadikan buah yang pertama dimakan pas sarapan,selebihnya aman-aman saja.
Baiklah...apa itu food combining??aku baru belajar nih,baru tahu beberapa hari ini jadi agaknya harap dimaklum jika catatan ini banyak salahnya,aku yakin kalian semua lebih pintar..lebih tau banyak dari pada aku,aku hanya sekedar menuliskan catatan pribadi sebagai penyemangat agar program ini gak kepotong di tengah jalan.
Prinsip dasarnya food combining adalah mengkombinasikan 5 tipe bahan makanan;
*golongan karbohidrat tepung/pati
*golongan karbohidrat sayur dan minyak tumbuhan
*protein (hewani)
*buah
*turunan susu...
Metode ini memfokuskan diri pada pencegahan pembentukan zat racun/toksin apabila lamanya pencernaan terjadi dalam waktu yang tidak wajar
Ada enzim pencernaan yg membutuhkan lingkungan cerna yang bersifat basa,ada pula enzim yang membutuhkan lingkungan cerna bersifat asam.Apabila keduanya terjadi bersamaan akan terjadi penetralan asam basa yang membuat pencernaan terhambat,walaupun masih ditopang oleh sangat sedikit enzim yang mampu bekerja dalam suasana asam basa netral.Bahkan makanan yang terlalu lama tinggal dalam organ pencernaan inilah yang akan membusuk dan menimbulkan toksin/racun.(sumber,Saya pilih sehat dan sembuh.Dr Tan Shot yen)..
Bahasanya terlalu njelimet memang,orang itu yang nulis dokter...pakar kesehatan yang bahasanya susah untuk dicerna untuk seorang ibu rumah tangga macam aku ini..
tapi aku tak khawatir,Di grup Food combining indonesia,segala macam pengetian aturan,juklak,semua dikemas dalam bahasa yang mudah dimengerti,tapi intinya sama saja,sama percis.
apalagi kibulan-kibulan bang erikar lebang di tweeter,yang katanya penuh motivasi dan nyenengin,sayang aku ndak bisa buka tweeter dan follow suhu food combining yg satu ini di tweeternya,soalnya lupa passwordnya hihi alasan..
tapi aku bisa baca-baca di web nya bang EL,buku nya,dan banyak sumber lagi...tenang satu2,habisin dulu buku Dr tan ini..baru nyabang ke sumber lain,maklum aku ini hanya ibu rumah tangga biasa dan seorang penjahit yang pura-pura sibuk,jadi belum ada waktu yang benar-benar banyak untuk melahap semua informasi yahud dari berbagai sumber itu.

Baiklah,lanjut...
» Golongan (1) tidak boleh dimakan berbarengan dengan golongan (3) karena:
 -karbohidrat tepung/pati dicerna sendiri dalam waktu 1-1,5 jam,dimulai dari rongga mulut saat mengunyah.Liur mengeluarkan enzym ptyalin(yang sudah mampu memecah turunan tepung hingga 75 %)
 -sedangkan protein hewan merangsang lambung mengeluarkan asam dan mengaktifkan enzym pencernaan yang bersifat asam untuk dicerna dalam waktu sekitar 4 jam.
 -bila tepung dimakan bersamaan dengan protein hewan,maka "penetralan pencernaan"dan lambung menjadi sangat lambat mengosongkan isinya bisa hingga 8 jam lebih.
 -karbo jenis tepung akan meragi membentuk alkohol bersama protein yang akan membusuk karena pencernaan tidak diteruskan.peristiwa ini akan merangsang pertumbuhan bakteri anaerob yang mencetuskan racun toksin.
 -pencernaan bersifat toksik pun mendorong peningkatan berat badan(pantas badanku ini terus melebar karena selama ini salah kaprah),karena usus halus menyerap lebih banyak dari ang seharusnya (leaky gut syndrome).Sedangkan protein dan karbohidrat tepung sejak dari lambung belum dicerna secara sempurna maka tubuh mengenali zat yang diserap usus halus ini sebagai benda asing(bukan zat gizi yang mestinya diterima).

Butuh beberapa kali baca baru mengerti,hehe lemoooot maklum fikiran terbagi kemana-mana.
Tapi teori-terori itu sudah mampu aku terima sedikit demi sedikit.
sambil belajar,sambil jalan...kalo belajar dulu jalannya belakangan keburu the end aku,ibarat meracuni diri sendiri..

Baiklah,tujuan utamaku menuliskan perjalanan Food combining ini,untuk motivasi dan penyemangat saya sendiri,Agar tetap istiqomah..aku belum berani ngajak teman2 atau bahkan keluarga seperti yang sudah dan sedang teman-teman seperjuangan lakukan,aku ingin menjalani sendiri dulu,biar tenang,biarlah semua tahu dan mengikuti jejakku ketika melihat keberhasilanku mengobati penyakit dengan mengganti pola makan seperti ini.
karena lebih mudah melindungi kedua kaki dengan sandal,ketimbang menyelimuti seluruh muka bumi dengan permadani,berupayalah mengubah dirimu sendiri,bukan orang lain..begitu kalo kata om Anthony de Mello....

Besok...beberapa hal akan aku kembali tulis disini,mudahsmudahan yang suka ngintip blog ini enggak pernah bosan dengan catatanku yang membosankan ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar