Rabu, 28 Mei 2014

Perjalanan Food combiningku :)

Catatan penyemangat bag 1

Apa yang kamu fikirkan ketika melihat angka 289??
Menjerit histeris jika 289 itu artinya tiba-tiba ada 289 ratus juta rupiah direkeningmu,atau membelalakkan mata ketika melihat tiba-tiba ada 289 gram emas di brankasmu,hihi..
atau lari terbirit-birit jika 289 orang ganteng ngejar-ngejar kita wkwk...
tau gak apa yang aku fikirkan ketika melihat angka itu,oo em jiiii..... umurku baru menginjak 26 tahun,belum punya anak,belum punya rumah,belum punya mobil,belum bisa berangkat haji/umroh,belum bisa membahagiakan mamah sama ayah hwa..hwaa...hwaaa... Langsung keringetan,keringet dingin,sekujur tubuh tiba-tiba kesemutan dan yang difikirkan adalah aku belum mau "the end"(ngutip perkataan seseorang hehe).

Emangnya apaan sih...ada apa dengan angka itu?kok sebegitu lebay nya...
Begini,Minggu lalu pak suami sakit,demam dan pusing.Bos nya yang baik hati itu nyuruh berobat di dokter perusahaan,dan meluncurlah kami kesana,mengendarai sebuah matic merah,mendaki gunung lewati lembah,dengan gemetar dan keringetan karena baru pertama kali bawa motor ke luar kota,bonceng orang sakit pula.. :D
Hingga akhirnya sampailah kami di klinik dokter tersebut,biasa lah diruangan dokter di periksa-periksa standar,periksa detak jantung pake stetoskop,sampai saat ini aku penasaran dan pengen nyobain pake stetoskop hihi parah amat ya..,terus timbang-timbang badan,diperiksa tekanan darah dan cek kolesterol,nah ngomong-ngomong soal kolesterol kok tiba-tiba terbersit keinginan untuk periksa juga,pengen tau aja,secara badanku ini udah kayak badak hamil aja hihi...

Itu dokter punya indra ke 6 kali ya,kok tiba2 dia nanya begini pas aku lagi asyiik-asiknya melamun,"kenapa mbak,mau periksa juga?"wow tepat,ajimumpung juga soalnya biaya periksanya ditanggung perusahaan hihi edisi emak-emak pelit.
dengan senyum malu-malu penuh pesona akhirnya aku anggukkan kepala dan bilang iya dengan nyaris berbisik..
Aku liat pak suami hanya geleng-geleng kepala,sambil senyum sinis penuh ledekan..kenapa A?hehe

Bu dokter yang sedikit genit pun akhirnya kembali mengeluarkan sebuah alat yang tadi sempat di pakai suamiku,lalu kusodorkan jari tengahku pada dokter itu,bukaaaaann bukan jari tengah yang berarti f*ck,tapi aku sodorkan untuk ditusuk sedikit menggunakan alat yang namanya lancet,dan cpreeettt...darah segar pun keluar,jika berada di tengah laut darah ini mampu mengundang puluhan hiu,dan jika berada ditengah malam tanpa bawang putih maka darah ini akan menggelitik hidung mr dracula dan dia pun akan segera menjilati leher jenjangku,iiihhh ngacooooooo!!
Darahnya dimasukkan kedalam sebuah stik dan menunggu proses selama 150 detik,waktu yang lumayan untuk sekedar mengetahui hasilnya..

Itulah yang terjadi,angka 289 terpampang dilayar yang mini itu,dan angka normalnya 160-200...dan sejak saat itu aku mulai berfikir macam-macam..bagaimana kalo begini bagaimana kalo begitu atau bahkan "the end".Kalau sudah begitu nyesel deh karena semalam makan malam dengan menu,Nasi liwet gurih,ayam,tempe dan tahu goreng,(bahkan jengkol goreng),sambal lalapan dan ikan asin,Parahnya tuh makanan sebelum dimakan bukannya dijampe-jampein berdoa supaya berkah malah di jepret sana dan jepret sini lalu dengan bangganya di upload di facebook dan dijadika display picture di bbm.Kalau saja mereka yang ber ooohhhh...dan aaaahhhhh komen tu foto di fb tau apa yang aku rasakan sekarang mereka akan tertawa lepasss dan berkata "syukuriiiiiiin" dan aku hanya akan bisa menangis,menangis darah....ya elah apaan sih.
Dan kembali mengingat dosa lainnya,yaitu dua hari sebelumnya,kusantap makanan tradisional,hasil tangkapan sang mama dikolam depan rumah,dia adalah tutut,makanan yang aku suka,makanan yang berkali-kali membuatku mabok dan aku tak pernah jera,hingga ahkirnya terjadilah lonjakan angka itu,
Dan dosa-dosa yang tak terhitung jumlahnya,ngabisin setengah lusin donat yang penuh gula,makan bistik sapi,babat sapi,bakso,seblak ceker,mie ayam,dan serombongan gorengan,balabala gehu dan kawan-kawannya...Kali ini aku tobat..bukan sekedar tobat sambel ato tobat-tobatan,aku ingin sehat,ingin menjadi istri yang sehat,ibu yang sehat,anak yang sehat dan belum mau the end.
Kembali mengingat masa-masa perjuangan menurunkan berat badan...diet,diet dan diet.Diet bukan berarti ngurangin porsi makan supaya menjadi kurus,tapi mengganti pola makan dari yang tidak sehat ke pola makan sehat,itu semua pernah dilakukan beberapa bulan lalu dengan hasil turun berat badan 10kg..badan enteng..tidur nyenyak..jauh dari penyakit,tapi itu dulu,beberapa bulan yang lalu.Sekarang hidupku kacau lagi,kacau karena makanan,Mie instan,makanan cepat saji dkk,semenjak pindah rumah semua berantakan bahkan timbanganpun geser 2 angka ke kanan,dan paling parah munculnya angka 289 itu.
Mataku kembali terbuka,baru terbuka setelah rasa sakit di punggung mulai menggila,lalu mengingat penyakit-penyakit lain yang berkaitan dengan kolesterol tinggi salah satunya serangan jantung..amit-amit.. :(
Tadinya hanya terasa berat-berat dipunggung saja,tapi setelah angka 289 itu terlihat tiba-tiba jadi ngerasa sakit,tekanan darah menjadi rendah dan aku yang terlihat bugar ketika masuk ruangan dokter menjadi aku yang terlihat sedang sakit parah ketika keluar dari ruangan dokter.Aku jadi tak sanggup bawa motor lagi,apalagi perjalanan lebih dari 20 km.Jadinya pak suami yang bawa motor,sebenarnya dari rumah dia yang sakit,pulang ke rumah aku yang parah wkwk.
sepanjang perjalanan,aku berfikir keras,sambil chating di Whatsapp dengan seorang teman,yang konon dia juga kolesterol,dia memberi saran minum produk susu olahan yang katanya bisa menurunkan kolesterol(hei "dia",mudah-mudahan kamu baca ya,dan terimakasih sarannya),aku nurut aja,langsung beli dan langsung minum,tapi si perut gak nerima dan hasilnya aku sembelit hihi..
Bertekad balik lagi aja ke pola makan saya yang dulu,yang dapat panduannya dari salah satu website..efektif tapi ribet,tak apalah yang penting sehat..
tapi niat itu tak pernah terlaksana...niat tinggal niat..bakso mah tetep dimakan,bandel ya..
Hingga akhirnya suatu sore,melipir ke kantor pak suami dan bu bos nya yang baik itu minjemin 2 buah buku..buku wow mataku langsung terbuka lebar.
yang pertama the miracle of enzyme penulisnya Hiromi shinya,MD Guru besar kedokteran Albert Einstein college of Medicine,AS dan Saya Pilih sehat dan sembuh penulisnya Dr tan shot yen,satu kata untuk kedua buku itu..wow
mataku kembali terbuka lebar,saking lebarnya aku melotot,selama ini aku salah....aku menyimpan sampah dalam tubuhku.
Disini,dalam buku ini aku mengenal food combining,dan kebetulan sekali seorang teman seperjuangan memberi saran tentang ini juga,hingga akupun gabung di grup food combining indonesia di fb..lagi-lagi mataku kembali dibuat terbuka lebar,hati kecilkupun berteriak bahwa selama ini aku salah...
Food Combining? apa itu?
penasaran??tunggu postingan besok wkwk udah ngantuk soalnya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar